Saluran Kalibening Akhirnya Dibersihkan - Kabar Seputar Magelang - KabarMGL

Breaking

Home Top Ad

Post Top Ad

Friday, August 31, 2018

Saluran Kalibening Akhirnya Dibersihkan


MAGELANG, Kabarmgl.com - Kamis (30/8) sampah yang menumpuk di saluran Kalibening HM 124, dibersihkan secara manual oleh Anggota Tuud Kodim 0705/Magelang, Anggota Pos Ramil 24/Magelang Selatan, Anggota DLH Kota Magelang, Balai PU SDA Taru Probolo Koorpokla Wil Progo dan Komunitas Kali Bersih Kabupaten Magelang (KKBM).

Pembersihan sampah di saluran Kalibening berlokasi di perbatasan antara Kota dan Kabupaten Magelang, tepatnya di Kelurahan Jurangombo Selatan dan Desa Bulurejo Mertoyudan.

BACA JUGA: Warga Sekitar Saluran Kali Bening di Cawang Mengeluhkan Tumpukan Sampah

Titik saluran Kalibening yang dibersihkan sepanjang 30 meter yang dipenuhi sampah plastik pembuangan dari warga dan selama kegiatan pengangkutan sampah berjalan aman dan lancar.


Koordinator Wilayah Progo Magelang Balai Pekerjaan Umum Sumber Daya Air dan Tata Ruang Progo Bogowonto dan Luk Ulo, Sumarno mengatakan, pembersihan saluran dilakukan secara manual, karena disamping titik lokasi yang dibersihkan hanya 30 meter, alat berat untuk mengangkat sampah juga tidak bisa masuk dikarenakan terdapat taman di bantaran saluran air tersebut.

"Idealnya untuk pemeliharaan kebersihan saluran, dilaksanakan menggunakan alat berat. Namun, di sepanjang jalan Cawang pada pinggir bantaran saluran Kalibening, merata dibangun taman yang cukup tinggi. Sehingga alat berat kesulitan masuk ke saluran untuk mengangkat sampah dalam perawatan saluran," ucap Sumarno

Sumarno menyarankan, agar pada taman diberi Sepiz atau selah supaya bisa untuk menaruh sampah dari bawah untuk dinaikan ke atas tanggul.

Perlu diketahui saluran Kali Bening yang bermuara di Payaman, Kecamatan Secang, Kabupaten Magelang, airnya mengalir melewati wilayah Kota Magelang hingga Desa Bulurejo, Kecamatan Mertoyudan, Kabupaten Magelang.


Sumber: http://magelangekspres.com/berita/akhirnya-sampah-dibersihkan-manual.html

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad