Warga Sekitar Saluran Kali Bening di Cawang Mengeluhkan Tumpukan Sampah - Kabar Seputar Magelang - KabarMGL

Breaking

Home Top Ad

Post Top Ad

Wednesday, August 29, 2018

Warga Sekitar Saluran Kali Bening di Cawang Mengeluhkan Tumpukan Sampah


MAGELANG, kabarmgl.com - Warga di sekitar saluran Kali bening di Cawang, Bulurejo mengeluhkan keberadaan tumpukan sampah pada saluran tersebut. Saluran yang berada di perbatasan Kabupaten dan Kota Magelang tersebut tampak kotor karena penuh dengan tumpukan sampah.

Menurut masyarakat setempat, Darsono, warga Cawang, Bulurejo, Mertoyudan mengatakan, warga di tempat itu sudah ada kesepakatan membuang sampah di tempat penampungan sampah di dekat Gapura Cawang, bukan di saluran air, namun sampah yang berada di saluran tersebut berasal dari hulu Kali bening.



Menurutnya lagi, saluran tersebut cukup sering terjadi penumpukan sampah. Dulu pernah dibersihkan oleh petugas, namun saat ini kembali menumpuk lagi.

"Dulu pernah dibersihkan, karena banyak sekali sampahnya. Sekarang kembali menumpuk sampahnya. Harapan kami sudah bersih sebelum musim hujan, biar tidak terjadi banjir disekitar saluran," ungkap Darsono.

Tumpukan sampah sementara ini belum menyumbat saluran, dikarenakan pada musim kemarau aliran air berkurang. Namun secara estetika keberadaan sampah cukup mengganggu keindahan lingkungan dan mengeluarkan bau busuk.

Adapun saluran Kali Bening yang bermuara di Payaman, Kecamatan Secang, Kabupaten Magelang, airnya mengalir melewati wilayah Kota Magelang hingga Desa Bulurejo, Kecamatan Mertoyudan, Kabupaten Magelang. Dibangun sebagai saluran irigasi pertanian dikawasan yang dilintasinya, meskipun saat ini debit aliran banyak yang berkurang.



Sumber: Magelangekspres.com | http://magelangekspres.com/berita/sampah-menumpuk-di-saluran-kalibening.html

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad