Kota Magelang Masuk Tiga Besar Anugerah Iptek 2018 - Kabar Seputar Magelang - KabarMGL

Breaking

Home Top Ad

Post Top Ad

Thursday, August 9, 2018

Kota Magelang Masuk Tiga Besar Anugerah Iptek 2018


MAGELANG, Kabarmgl.com - Kota Magelang masuk tiga besar Anugerah Iptek 2018 kategori Budhipraja. Kepastian itu diperoleh setelah beberapa hari lalu Pemkot Magelang menerma surat dari Sekretaris Jenderal Penguatan Inovasi/Sekretaris Umum Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Hakteknas) ke 23, Dr Hadirin Suryanegara.



Sebelumnya pada 26 Juli 2018, Wakil Wali Kota Magelang Windarti Agustina didamping Kepala Balitbang Kota Magelang Arif Barata Sakti dan staf melaksanakan paparan dihadapan Dewan Penilai Anugerah Budhipraja bertempat di Gedung BPPT II Lantai 24, Jakarta.

Dewan penilai terdiri lima orang. Yaitu DR Ir Ophirtus Sumule (Kemenristek), Drs Safrizal ZA MSi (Kemendagri), Amich Alhumaini MA PHd (Bappenas), Prof DR Martani Huseini (Universitas Indonesia) dan Sylvia W. Sumarlin (Kadin).

Hasil paparan, Pemkot Magelang masuk lima besar finalis calon penerima Anugerah Budhipraja 2018 yang diselenggarakan Kemenristek Dikti. Daerah yang lolos dalam 5 besar tahun 2018 adalah Kota Magelang, Kabupaten Bogor, Kota Semarang, Kabupaten Wonogiri dan Kabupaten Sragen.

‘’Nanti pada 10 Agustus 2018 kami diundang ke Pekanbaru, Riau, acara puncak Hakteknas ke 23. Pemkot Magelang pernah meraih ranking 2 Budhipraja tahun 2016,’’ kata Kepala Balitbang Kota Magelang, Arif Barata Sakti, kemarin.

Dia menerangkan, Anugerah Iptek dibagi tiga kategori. Yaitu Anugerah Iptek kategori Budhipraja untuk tingkat kabupaten/kota. Anugerah Iptek kategori Budhipura untuk tingkat provinsi dan satu kategori lagi untuk tingkat perguruan tinggi,’’ terangnya.

Menurutnya, anugerah itu diberikan sebagai apresiasi atas prestasi dalam penguataan sistem Inovasi daerah yang menghasilkan nilai tambah, baik dalam bentuk komersial, ekonomi maupun sosial-budaya, sehingga berdampak


kepada peningkatan daya saing dan kesejahteraaan masyarakat yang tinggi dan berkelanjutan.

Sedang tujuan penyelenggaraan Anugerah Iptek 2018 antara lain,  mendorong peningkatan kemampuan Iptek, yang diikuti dengan penguatan inovasi nasional untuk mendukung kemandirian dan daya saing bangsa Indonesia.

Kemudian membangun iklim kondusif penguatan dan pengembangan inovasi sebagai outreach dari riset Iptek dalam penciptaan nilai tambah komersil, ekonomi dan atau sosial budaya secara berkelanjutan.

Selanjutnya, memberikan dorongan kepada para pelaku inovasi (individu, organisasi, lembaga) agar dapat terpacu dalam mewujudkan ide kreatif dalam penciptaan nilai tambah, baik sebagai individu maupun melalui kemitraan dan kerjasama antarunsur inovasi.

Rencananya, lanjut Arif, Wali Kota Magelang Sigit Widyonindito akan menghadiri Hakteknas ke 23 di Pekanbaru pada 10 Agustus 2018. Acara itu juga dihadiri Presiden Joko Widodo.

Pada Jumat (10/8) pagi di Komplek Kantor Gubernur Provinsi Riau acara arahan Presiden Republik Indonesia, sedang malam hari di tempat yang sama penyerahan penghargaan Anugerah Iptek 2018.

Arif Barata Sakti menambahkan, dalam penilain di Jakarta tersebut, Kota Magelang mendapat apresiasi dan dukungan dari Kemenritek Dikti, bahwa Kota Magelang merupakan daerah rujukan dalam bidang inovasi di Indonesia.

Apresiasi juga diberikan oleh Kemendagri yang mengatakan, Kota Magelang merupakan daerah yang kuat dalam inovasi dalam berbagai aspek


Sumber: Suaramerdeka.com | Foto: Humas Pemkot Magelang

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad