5 Hal Sepele Sebabkan Asam Urat Kambuh - Kabar Seputar Magelang - KabarMGL

Breaking

Home Top Ad

Post Top Ad

Sunday, August 26, 2018

5 Hal Sepele Sebabkan Asam Urat Kambuh


MAGELANG, Kabarmgl.com - Penyakit asam urat yang kambuh akan sangat menyiksa penderitanya, sebab rasa nyeri akan mereka rasakan saat hendak bergerak atau berjalan. Hal itu terjadi sebab kadar asam urat yang tinggi mengkristal di sendi-sendi sekaligus menyebabkan pembengkakan.


Jika seseorang sudah divonis mengalami penyakit tersebut, maka yang perlu Anda lakukan adalah menghindari beberapa hal agar tidak kambuh.

Berikut ini beberapa hal sepele yang mungkin Anda abaikan, namun membuat kadar asam urat naik:

Kurang minum/dehidrasi

Saat Anda kurang minum, maka ginjal akan sulit membuang kelebihan zat asam urat dalam tubuh. Air minum yang Anda konsumsi berfungsi juga sebagai pembersih bagi berbagai zat tak berguna dalam tubuh termasuk asam urat.

Minuman keras

Berbagai jenis minuman keras atau minuman dengan zat pengawet lain juga dapat membuat kandungan asam urat Anda naik. Minuman tersebut bahkan memicu dehidrasi.

Makanan berpurin tinggi

Zat purin adalah biang keladi naiknya kadar asam urat. Purin terdapat pada beberapa jenis makanan, yang jika Anda konsumsi akan membuat asam urat naik. Misalnya pada daging merah, hati sapi, teri, sarden, kerang, sayur bayam dan lain-lain.

Stres akibat penyakit

Saat seseorang stres akibat penyakit atau prosedur medis, maka kondisi kesehatannya rentan terganggu. Ini termasuk meningkatnya kadar asam urat.

Jenis obat tertentu

Beberapa jenis obat juga berperan dalam meningkatkan kadar asam urat. Misalnya obat untuk penyakit tekanan darah tinggi atau gagal jantung. Juga aspirin, diuretik, beta–blockers dan siklosporina.


No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad