Mlipir Ke Curug Lawe Temanggung - Kabar Seputar Magelang - KabarMGL

Breaking

Home Top Ad

Post Top Ad

Monday, July 9, 2018

Mlipir Ke Curug Lawe Temanggung

Kabarmgl.com - Curug Lawe Temanggung


MAGELANG, Kabarmgl.com - Berlibur di Temanggung tak lengkap rasanya jika tidak mengunjungi salah satu Curug yang masih asri, yaitu Curug Lawe Temanggung. Wisata air terjun ini di tengah-tengah hutan dan cukup tinggi. Dapat dibayangkan bukan bagaimana keindahan serta suasana asri pemandangan yang ada di tempat ini.

Nama Curug Lawe sendiri diambil dari bahasa Jawa. Curug yang artinya helaian benang putih dengan tekstur yang halus. Lawe artinya benang yang halus. Dari namanya sudah jelas bahwa curug yang satu ini memiliki aliran air terjun yang jernih dan menyegarkan. Mau tau informasi lain tentang curug yang satu ini? Simak pembahasannya di bawah ini ya !

LOKASI DAN AKSES WISATA

Curug Lawe berlokasi di Desa Muncar, Kec. Gemawang, Kab. Temanggung. Secara umum, wilayah tersebut merupakan perbatasan antara wilayah kabupaten Semarang dengan kabupaten Temanggung. Banyak orang yang berpendapat bahwa curug ini sudah masuk wilayah kab. Semarang, akan tetapi tidak sedikit pula yang beranggapan kalau masih masuk ke wilayah kab. Temanggung.

Adapun jarak tempuh ke wisata ini jika dari pusat kota Temanggung hanya sekitar 26 KM saja dan dapat ditempuh dalam waktu sekitar 1 jam perjalanan. Akses menuju lokasi wisata memang sudah teraspal dengan baik sehingga memudahkan dan memberikan kenyamanan bagi pengunjung yang datang. Lokasi menuju wisata dapat ditempuh menggunakan kendaraan bermotor. Akan tetapi, kalian hanya bisa menggunakan kendaraan hingga Desa Muncar karena untuk menuju curug pengunjung diharuskan berjalan kaki.

Pengunjung bisa menitipkan kendaraannya di pemukiman warga di sekitar. Meskipun perjalanan menuju lokasi cukup jauh, akan tetapi semua akan terbayar lunas oleh pemandangan yang ditawarkan di kawasan air terjun ini. Disini setidaknya terdapat beberapa objek yang dapat dijadikan sebagai background foto yang menarik. Medan disini cukup licin, jadi sebaiknya kalian berhati-hati ya.

MISTERI DI LOKASI WISATA

Di setiap tempat wisata yang menyuguhkan pemandangan yang indah, tentunya selalu ada misteri tersembunyi. Di Curug Lawe Temanggung juga ada beberapa cerita misteri yang hingga saat ini masih dipercaya oleh masyarakat sekitar. Salah satunya yaitu mitos yang terkenal disini adalah mengenai larangan untuk membawa pasangan ketika mengunjungi curug. Banyak orang yang meyakini apabila kita mengunjungi Curug Lawe Temanggung dengan membawa pasangan maka bisa saja mereka putus di tengah jalan atau akan menghadapi masalah asmara dikemudian hari. Percaya atau tidaknya kita juga belum tau dan belum bisa dibuktikan dengan bukti yang kuat.

WISATA LAIN YANG DAPAT DIKUNJUNGI

Tak hanya dapat menikmati keindahan Curug Lawe, pengunjung juga dapat mencoba mata air panas yang berada tidak jauh dari Curug Lawe. Kombinasi antara berendam di dalam air hangat dengan dinginnya udara pegunungan tentu saja membuat kalian merasa rileks yang tentunya tidak bisa kalian temukan di daerah perkotaan. Banyak orang yang meyakini bahwa berendam di air panas tersebut dapat mengobati berbagai macam penyakit. Hal ini dikarenakan air hangat tersebut memiliki kandungan belerang yang cukup tinggi.

Sekitar 500 m terdapat pula wisata lainnya yaitu Curug Benowo dengan pesona keindahan yang tak jauh berbeda dari Curug Lawe Temanggung. Bahkan terdapat jalan pintas yang dapat digunakan dan sebagai penghubung dari kedua air terjun ini. setidaknya dibutuhkan waktu sekitar 1 jam saja untuk dapat mencapai Curug Benowo.

Di musim-musim tertentu, biasanya di sekitar kawasan curug ini dapat ditemukan berbagai buah-buahan. Salah satu buah yang sering ditemukan disini adalah buah cendul. Buah ini bisa dipetik gratis oleh wisatawan yang datang. Menarik bukan? Kalian bisa menikmati buah cendul yang segar disertai dengan hembusan angin dari air terjun tersebut.

OPERASIONAL & FASILITAS

Jika kalian ingin mengunjungi wisata ini, jangan khawatir karena tempat wisata yang satu ini dibuka dari pagi hingga sore hari. Sedangkan fasilitas yang ada di sekitar tempat wisata belum sepenuhnya lengkap. Hingga saat ini pihak pengelola dan pemerintah setempat masih berusaha untuk membangun fasilitas lainnya.

Untuk tiket masuk ke dalam wisata juga terbilang murah, untuk mobil sekitar Rp 5.000 dan untuk motor sebesar Rp 2.000 untuk parkir. Sedangkan tiket masuknya hanya sekitar Rp 4.000/orang saja. Sedikit tips bagi wisatawan yang ingin berkunjung ke lokasi ini, akan lebih baik jika menggunakan alas kaki yang cukup nyaman dan tidak licin. Hal ini karena perjalanan kaki yang ditempuh cukup jauh, sehingga tidak memberatkan Anda selama perjalanan. Nah itu tadi informasi terkait Curug Lawe Temanggung, semoga informasi diatas dapat menambah referensi liburan kalian.


Sumber: https://genpikedu.com/curug-lawe-temanggung/

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad