Inilah! 5 wisata underwater di Magelang - Kabar Seputar Magelang - KabarMGL

Breaking

Home Top Ad

Post Top Ad

Wednesday, July 4, 2018

Inilah! 5 wisata underwater di Magelang

Kabarmgl.com - Tuk Ngundal, Candimulyo Kab. Magelang


MAGELANG, Kabarmgl.com - Taukah kamu bahwa di Magelang ternyata ada wisata underwater yang masih asri dan belum banyak diketahui oleh masyarakat sekitar. Nah, berikut ini adalah 5 wisata underwater di Magelang yang hits dan tentunya cocok untuk feed instagram kalian.

Tuk Ngudal

Atau Tok Ngudal merupakan spot wisata underwater di Magelang yang keberadaannya saat ini sudah terkenal dikalangan masyarakat sekitar. Terletak di Desa Tampir Kulon, Kecamatan Candimulyo, Kab. Magelang yang tidak jauh dari pusat Kota Mungkid membuat banyak wisatawan yang berkunjung ke tempat ini. Kebanyakan dari mereka menikmati perjalanan menuju lokasi, hal ini dikarenakan disepanjang jalan kalian akan dimanjakan oleh hijaunya ladang sawah milik warga setempat.

Adapun pesona keindahan yang ditawarkan adalah airnya yang masih fresh dan bening, sehingga mengambil foto didalam air tetap terlihat bagus dan sensasional. Tidak hanya itu saja, disekitar Tok Ngundal juga terdapat dua umbul yang airnya tidak kalah jernih, yaitu Tok Ngudal Lanang dan Tok Ngudal Wadon. Lokasi kedua tok tersebut bersebelahan, meskipun demikian untuk Tok Ngudal Lanang bisa terbilang lebih sepi. Hal ini dikarenakan spot tersebut belum resmi ditetapkan sebagai tempat wisata oleh pemerintah setempat.

SENDANG MUDAL

Masih di daerah Sawangan. Spot underwater kali ini bernama Sendang Mudal. Letaknya di Desa Butuh Kulon, Kecamatan Sawangan, Kab. Magelang yang cukup jauh dari pusat kota Mungkid tidak menurunkan wisatawan yang berkunjung. Untuk menuju ke lokasi, kalian hanya membutuhkan waktu sekitar 1 jam perjalanan dari pusat Kota Magelang.

Sendang Mudal juga terbilang masih asri dan memiliki air yang jernih. Maka dari itu, hingga saat ini air yang berasal dari Sendang Mudal sering dijadikan sebagai sumber irigasi ataupun kebutuhan air bagi masyarakat disekitar objek wisata tersebut. Pemerintah dan warga setempat bekerjasama untuk tetap menjaga tempat tersebut agar tetap asri.

SENDANG MAREN

Tidak jauh dari Sendang Mudal, kalian bisa menemukan spot wisata underwater di Magelang yang tidak kalah hits, yaitu Sendang Maren. Air yang terdapat di Sendang Maren tidak kalah jernih dari Sendang Mudal. Meskipun demikian, Sendang Maren juga dimanfaatkan seperti halnya Sendang Mudal yaitu untuk memenuhi kebutuhan air warga setempat.

Akses menuju lokasi bisa dibilang sudah lumayan baik, jalanan sudah diplester menggunakan semen. Akan tetapi, ketika menuju lokasi masih ada beberapa jalan yang rusak. Pihak pengelola dan pemerintah setempat akan berusaha memperbaiki agar memberikan kenyamanan bagi pengunjung.

KALI GENDING

Kali Gending atau sering disebut sebagai Ndas Gending adalah spot wisata underwater di Magelang pertama kali dikenal. Spot underwater ini terletak di Dusun Ganjuran, Desa Sukorejo, Kecamatan Mertoyudan, Magelang. Lokasinya masih sangat alami, biasanya digunakan untuk memenuhi kebutuhan air warga setempat seperti air minum, mencuci dan lain sebagainya. Karena lokasinya yang cukup strategis bagi persawahan masyarakat sekitar, banyak yang memanfaatkanya sebagai aliran irigasi. Tidak hanya itu saja, seiring berjalannya waktu kini Kali Gending dapat pula digunakan untuk memancing.

Jangan takut akan kebersihan dan kejernihan dari Kali Gending, karena masyarakat sekitar tetap menjaga kelestariannya. Hal inilah yang menjadi daya tarik wisatawan untuk berkunjung ke tempat ini. Di tempat ini setidaknya terbagi menjadi 3 bagian, yaitu bagian kolam wanita, anak-anak dan pria. Jadi, kalian tidak perlu takut untuk mencobanya.

CANDI UMBUL

Spot underwater di Magelang kali ini letaknya berbeda sendiri dibandingkan 4 lainnya. Ya, Candi Umbul merupakan spot underwater Magelang yang terletak di Desa Kartoharjo, Kecamatan Grabag, Kab. Magelang. Terletak cukup jauh dari pusat Kota Magelang tidak membuat para wisatawan enggan mengunjunginya. Hal ini dikarenakan Candi Umbul memiliki pesona keindahan alam yang menarik dan patut dikunjungi.

Pada mulanya Candi Umbul merupakan salah satu situs peninggalan purbakala. Akan tetapi seiring berjalannya waktu, kini dimanfaatkan sebagai tempat berendam ataupun mandi. Air yang ada di Candi Umbul bisa dibilang lebih hangat dibandingkan spot underwater yang lainnya. Jadi, kalian tidak perlu takut masuk angin ya. Adapun harga tiket masuknya adalah Rp 3000/orang, sangat murah bukan? Jika kalian lelah melakukan aktivitas seharian atau ingin melepas penat selamat weekdays, Candi Umbul bisa menjadi rekomendasi bagi kalian yang tinggal di daerah Grabag dan sekitarnya.

Nah, itulah top 5 wisata underwater di Magelang yang wajib kamu datangi ketika weekend atau ketika ingin melepas penat seharian. Semoga bisa menjadi referensi liburan kalian ya. Selamat berakhir pekan !

Sumber: https://genpikedu.com/wisata-underwater-di-magelang/

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad