Suka Makanan Bersantan, Imbangi dengan Ini - Kabar Seputar Magelang - KabarMGL

Breaking

Home Top Ad

Post Top Ad

Tuesday, June 5, 2018

Suka Makanan Bersantan, Imbangi dengan Ini



MAGELANG - Saat makanan bersantan mendominasi meja makan Anda, maka risiko mengalami kenaikan kadar kolesterol jahat bisa terjadi. Hidangan seperti opor ayam, rendang, kare, dan sayur lodeh adalah sebagian kecil contoh menu khas Indonesia yang menggunakan santan sebagai bahannya.

Sebenarnya santan sendiri mempunyai manfaat bagi tubuh, namun itu jika dikonsumsi tidak berlebihan, dan tidak mengalami pemanasan berulang kali.

Untuk meminimalisir efek buruk santan yang dapat menaikkan kadar kolesterol dalam darah (LDL), maka ada beberapa bahan makanan lain yang mampu menetralisir atau menyeimbangkannya. Berikut informasinya seperti dilansir laman okezone:

Sayur bayam


Mengonsumsi sayur bening bayam dapat membantu menetralisir naiknya kolesterol jahat. Ada kandungan lutein pada bayam yang mencegah serangan jantung dan penyumbatan pembuluh darah.

Alpukat


Buah alpukat dapat membantu mencegah naiknya LDL dengan memperbanyak kolesterol baik (HDL) nya. Alpukat mengandung beta sitosterol, yang memiliki manfaat baik mencegah naiknya LDL.



Teh hitam


Minum teh hitam usai makan makanan bersantan juga baik untuk mencegah naiknya kolesterol jahat (LDL). Antioksidannya pun tinggi, berfungsi mencegah kanker. Selain itu, rutin minum teh hitam juga mengurangi kemungkinan penyakit jantung koroner.

Gandum


Konsumsi gandum utuh saat sarapan adalah kunci menurunkan kolesterol dengan cepat. Anda bisa memilih sarapan oats, salah satu bentuk gandum utuh yang mudah diperoleh. Oats dapat menurunkan LDL sebesar 5,3 persen jika dikonsumsi rutin enam pekan.

Air jeruk


Secara umum air jeruk dapat menurunkan kolesterol akibat makanan bersantan, namun lebih khusus lagi bisa digunakan air jeruk nipis. Campurkan dengan segelas air hangat, dan jangan beri gula untuk efektifnya khasiat menurunkan LDL tubuh. Semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad