Besok, Puluhan Drum Band Pelajar Akan Parade Bersama di Magelang - Kabar Seputar Magelang - KabarMGL

Breaking

Home Top Ad

Post Top Ad

Monday, December 14, 2015

Besok, Puluhan Drum Band Pelajar Akan Parade Bersama di Magelang

Foto: ilustrasi
Magelang - Untuk kali pertama, puluhan grup drum band pelajar di Kota Magelang akan tampil bersama dalam sebuah parade. Untuk pertama kali pula akan dipentaskan tarian kolosal topeng ireng dengan melibatkan 250 siswa yang dibalut dalam acara “Parade Drum Band Sejuta Bunga”.

Kegiatan bersejarah ini akan berlangsung, Selasa (15/12) besok siang sekitar pukul 13.00 WIB dengan berpusat di Alun-alun Kota Magelang. Sebanyak 23 grup drum band dari SD, SMP, dan SMA/SMK siap unjuk gigi di hadapan masyarakat Magelang dan sekitarnya.

“Mereka akan berparade dari Jl Veteran eks Polwil Magelang menuju Jl A Yani, Jl Pemuda (Pecinan), dan finish di sekitar perempatan Tugu Adipura. Adapun panggung utama di alun-alun sisi timur,” ujar Kepala Bagian Pembangunan Setda Kota Magelang, Taufiq Nurbakin di kantornya, Senin (14/12).

Taufiq menuturkan, pihaknya ditunjuk sebagai leading sector kegiatan yang termasuk dalam agenda 100 event “Ayo ke Magelang 2015” itu. Ia melihat, banyak kelompok drum band yang potensial dikembangkan, khususnya dari kalangan pelajar sekolah.

“Hanya saja, belum ada tempat yang mewadai untuk dilaksanakan suatu kegiatan parade khusus untuk drum band. Selama ini hanya difasilitasi melalui kegiatan karnaval pembangunan. Maka, jelang akhir tahun ini kita wadahi dengan parade drum band sendiri,” katanya.

Dijelaskannya, parade ini untuk sementara tidak dilombakan seperti pada parade-parade yang lain. Hal ini dikarenakan belum meratanya peserta di semua tingkatan sekolah. Kesempatan ini pun dimanfaatkan hanya untuk pengenalan ke masyarakat luas.

“Barangkali parade ke depan akan kita lombakan sebagai motivasi sekolah lain untuk ikut serta, sehingga lebih meriah. Parade ini sekaligus upaya kita mengaktifkan lagi Persatuan Drum Band Indonesia (PDBI) Kota Magelang yang dulu sempat ada tapi lama vakum,” paparnya.

Kabag Humas, Protokol, dan Santel Setda Kota Magelang, Sutomo Hariyanto menambahkan, selain parade drum band, akan ada pula tarian kolosan topeng ireng. Tarian ini melibatkan sekitar 250 siswa SMA 3 Magelang yang sudah sejak beberapa bulan ini latihan bersama.

“Sebagai bintang tamu parade ini, kita hadirkan grup drum band Caka Lokananta Akademi Militer (Akmil). Kami optimis parade akan berjalan meriah dan menghibur. Apalagi, para peserta juga akan tampil dengan nuansa sejuta bunga baik dari kostum maupun lainnya,” paparnya.


Sumber: SuaraMerdeka

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad