Kampanye Gemarikan dan Hari Ikan Nasional - Kabar Seputar Magelang - KabarMGL

Breaking

Home Top Ad

Post Top Ad

Tuesday, November 17, 2015

Kampanye Gemarikan dan Hari Ikan Nasional

Magelang - Ikan mempunyai kandungan gizi dan nutrisi yang bermanfaat bagi kecerdasan dan kesehatan tubuh. Angka konsumsi ikan di Kota Magelang masih terbilang rendah, yaitu 18,30 kg/kapita/tahun, dibandingkan standar ideal konsumsi ikan yaitu 31,40 kg/kapita/tahun. Kegiatan penyuluhan kesadaran makan ikan sejak dini kepada anak-anak menjadi upaya alternatif dalam rangka peningkatan konsumsi ikan masyarakat. Pemerintah juga telah memberikan perhatian khusus terhadap pengembangan sektor perikanan di Indonesia.

Melalui Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 3 Tahun 2014 Pemerintah menetapkan tanggal 21 November sebagai Hari Ikan Nasional. Berkaitan dengan penggalakan gerakan memasyarakatkan makan ikan dan menyongsong Hari Ikan Nasional, Dinas Pertanian, Peternakan dan Perikanan Kota Magelang bekerjasama dengan Masyarakat Perikanan Kota Magelang (MPKM) menyelenggarakan acara kampanye Gemarikan dan Hari Ikan Nasional.

Acara Kampanye Gemarikan dan Hari Ikan Nasional antara lain bertujuan untuk menumbuhkan kesadaran mengkonsumsi ikan sejak mulai dini, agar terbentuk generasi sehat, cerdas dan kuat. Selain itu, untuk sosialisasi dan menyemarakkan Hari Ikan Nasional. Acara terdiri dari Lomba Mewarnai Gambar Ikan, Lomba Cipta Menu Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman (B2SA) dari UPTB Ketahanan Pangan pada Badan Pemberdayaan Masyarakat, Perempuan dan Keluarga Berencana (BPMPKB) Kota Magelang dan Tim Penggerak PKK Kota Magelang. Acara kampanye gemarikan juga dimeriahkan dengan Pameran dan Bursa Ikan Hias, Ikan Segar, Ikan Olahan, Terapi Ikan, Aquascape dan Kuliner berbasis ikan lainnya.

Kampanye Gemarikan dan Hari Ikan Nasional berlangsung pada tanggal 16 November 2015, bertempat di Gedung Kyai Sepanjang Kota Magelang. Kampanye Gemarikan diikuti oleh 480 siswa/i dari SD se-Kota Magelang serta dimeriahkan oleh penampilan Kesenian Angklung dari SD Rejowinangun Selatan 4 Kota Magelang. Kampanye Gemarikan langsung dipimpin oleh Bapak/Ibu Walikota Magelang. Acara juga dihadiri oleh Ketua DPRD Kota Magelang, Forpimda Kota Magelang, Sekretaris Daerah Kota Magelang, Kepala SKPD, Camat dan Lurah di lingkup Pemerintah Kota, Organisasi Wanita serta Kader PKK dan Posyandu Kelurahan se-Kota Magelang.

MAGELANGKOTA.GO.ID

Post Bottom Ad