Litbang dan Statistik Kota Magelang Juara Pertama Lomba Hemat Energi dan Air Tingkat Jateng - Kabar Seputar Magelang - KabarMGL

Breaking

Home Top Ad

Post Top Ad

Wednesday, August 13, 2014

Litbang dan Statistik Kota Magelang Juara Pertama Lomba Hemat Energi dan Air Tingkat Jateng

Kantor  Penelitian Pengembangan (Litbang)  dan Statistik Kota Magelang meraih juara pertama lomba penghematan  energi dan air tingkat Jateng. Lomba yang diikuti 35 kabupaten dan kota  itu  diselenggarakan Dinas Energi  dan Sumber Daya Mineral Prov jateng .

Juara kedua diraih Dinas Pengairan dan Energi Sumber Daya Mineral Kabupaten Wonogiri, dan juara ketiga Sekretariat Daerah Kota Salatiga. Hadiah berupa tropi, piagam penghargaan dan uang pembinaan akan diserahkan pada HUT Pemprov Jateng 16 Agustus 2014.

Kepala Kantor Litbang dan Statistik Siti Fatonah menerangkan, dari 35 daerah yang mengikuti lomba tersebut hanya Kota Magelang yang statusnya adalah Kantor Litbang dan Statistik. Daerah lainnya yang berpartisipasi  statusnya dinas dan badan. ‘’Hanya kami yang eselon III, sedang lainnya eselon II,’’ katanya.

Yang diajukan untuk dinilai tim dari Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral Jateng adalah kegiatan sehari-hari yang dilaksanakan di Kantor Litbang dan Statistik. ‘’Kantor kami  sengaja tidak dilengkapi fasilitas penyejuk ruangan (AC). Yang ada hanya kipas angin yang dihidupkan  jika sangat dibutuhkan,’’ tuturnya.

Supaya ruang kerja tidak panas, lanjut mantan Kabag Pembangunan, kaca pada angin-angin jendela atau pintu dilepas, sehingga udara bebas masuk. Juga memanfaatkan udara dari Gunung Tidar,  karena Lokasi Kantor Litbang dan Statistik berada di lereng gunung tersebut.

Untuk hemat air, maka  kamar mandi di kantor yang berlokasi di Jalan Sudirman itu tidak menggunakan bak air. ‘’Bak air diganti dengan shower, sehingga hemat penggunaan air. Sebab, bak air harus dikuras minimal seminggu sekali. Kalau airnya masih banyak berapa liter air  yang dibuang,’’ ungkapnya.

Dirinya menambahkan,  dengan menggunakan shower  maka air yang terbuang sesuai kebutuhan. Untuk  keperluan air shower dibangun bak penampung air di dalam tanah, kemudian dengan menggunakan pompa dinaikkan ke bak penampungan yang letaknya di atas.  ‘’Pompa air memang menggunakan listrik tetapi penggunaannya jauh lebih hemat dibanding AC,’’ terangnya.

Program lain untuk menghemat air, semua PNS di kantor tersebut harus menggunakan sandal khusus untuk masuk ke kamar mandi. Tidak boleh memakai sepatu maupun sandal yang kotor. Karena untuk membersihkan kotoran yang ditinggalkan di kamar mandi membutuhkan air yang banyak.

‘’Ternyata kegiatan sehari-hari di Kantor Litbang dan Statistik mengantarkan kami meraih juara pertama lomba penghematan energi dan air tingkat Jateng,’’ ujar Siti Fatonah


(Pemkot Magelang)

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad